21 November 2021

10 Cara Sukses Berinvestasi



Investasi adalah bagian terpenting dalam sebuah perencanaan keuangan. Karna sangat pentingnya, tidak heran kalau setiap perencana keuangan pasti menyarankan investasi sebagai prioritas dalam bagian tujuan keuangan kliennya.

Banyak orang sudah berencana berinvestasi dan melakukan investasi namun gagal mencapai hasil yang sesuai harapan. Agar berhasil, mungkin sepuluh kunci di bawah bisa membantu membuka pintu keberhasilan kita.

1. Memiliki Tujuan Jelas

Investasi hanya sebuah alat untuk mencapai tujuan. Oleh karenanya yang terpenting adalah bagaimana agar alat tadi bisa bekerja dengan maksimal. Kuncinya adalah tujuan harus jelas. Misalnya untuk pendidikan anak ke Australia, pensiun, memperoleh rumah, kendaraan dan sebagainya.

2. Tujuan Harus Terukur

Selain jelas, tujuan tadi harus terukur. Tanpa ada ukuran yang jelas, maka akan sulit menilai keberhasilan investasi tadi. Misalnya mencapai biaya pendidikan anak di Ussie senilai USD 50.000, untuk 10 tahun ke depan, membeli rumah seharga Rp 5 milyar 5 tahun lagi dan seterusnya.

3. Mengerti Produk Investasi

Tujuan sudah, maka tinggal kendaraan apa yang harus digunakan untuk mencapainya. Pelajari dengan benar apa kelebihan dan kekurangan setiap produk investasi tadi. Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu cari produk yang memiliki kelebihan lebih banyak untuk tujuan yang ingin kita capai.

4. Kendaraan yang Benar

Tentukan kendaraan yang akan digunakan, setelah mengetahui semua kekurangannya dan mengerti kelebihan-kelebihannya maka pilih 1 kendaraan yang sesuai tujuan tadi. Kendaraan untuk jarak dekat pasti berbeda dengan kendaraan untuk jarak jauh. Maka alat investasi jangka pendek akan berbeda dengan alat investasi jangka panjang. Jangka pendek fokus ke likuiditas dan jangka panjang fokus ke hasil.

5. Risiko Terjaga

Risiko sebagai bagian yang tidak terpisahkan juga harus menjadi perhatian. Tujuan jangka pendek memiliki risiko dimana hasilnya tidak tinggi, sedangkan jangka panjang risiko di likuiditas.  Keberhasilan menjaga risiko tadi menjamin tujuan bisa lebih mungkin tercapai. 

6. Dimulai Segera

Perhitungan risiko dan hasil memang perlu dalam melakukan investasi. Namun bila perhitungan tadi malah akan membuat Anda tidak memulai apapun, maka itu sangat salah. Mulailah segera setelah Anda mengerti hal-hal di atas. Sebab risiko terbesar di investasi adalah ketika investasi tadi tidak dilakukan. Makin segera dilakukan maka makin mungkin terwujud tujuan investasi tadi.

7. Memiliki Komitmen

Sebagian investasi adalah jangka panjang, maka komitmen menjalankannya menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Sekali dihitung, mulai memilih produk dan menjalankan, maka jangan pernah melihat lagi ke belakang. Jalankan terus sampai mencapai finish.

8. Lakukan Secara Rutin

Cara termudah investasi adalah dengan menyisihkan dari sebagian penghasilan kita. Penelitian menemukan bahwa investasi rutin ternyata memberikan hasil cukup baik dan mengurungi adanya risiko yang berlebihan. Artinya menyisihkan sejumlah dana dari penghasilan rutin walaupun sedikit memberi manfaat tidak kalah dengan investasi secara situasional, misalnya selalu menunggu dana jumlah tertentu.

9. Fokus ke Tujuan

Bila Investasi adalah perjalanan, maka jangan heran akan terjadi halangan-halangan, lubang yang menganggu dan mungkin gangguan-gangguan lain yang akan dihadapi. Namun selalu fokus ke garis finish adalah kunci keberhasilan. Kalau memang tujuan yang ingin dicapai 10 tahun ke depan, maka apa yang terjadi di minggu-minggu awal tidak harus menjadikan kita panik.

10. Lakukan Evaluasi

Hal terakhir ini adalah hal penting namun sering diabaikan seorang investor. Sama seperti sebuah ujian, maka kita perlu secara berkala melakukan evaluasi untuk menjaga agar investasi tetap di jalan yang sudah ditentukan. Memiliki target terukur (kunci nomer 2 di atas) menjadikan evaluasi menjadi mudah.

Investasi

Investasi memiliki tujuan yang baik di masa depan, namun harus diakui kita melakukan pengorbanan dalam proses perjalanannya. Alangkah sayangnya bila pengorbanan sudah dilakukan dan diakhir garis finish ternyata hasil tidak sesuai harapan karena 10 kunci di atas tidak menjadi perhatian kita. Demikianlah cara sukses berinvestasi, semoga informasi di atas bermanfaat bagi sobat Bank Digital News.

0 comments

Posting Komentar

Terpopuler