29 Oktober 2021

Pengertian KBMI: Jenis Bank KBMI dan Daftar Bank KBMI

Pengertian KBMI


KBMI adalah pengelompokan bank yang didasarkan pada modal inti yang dimiliki. Berdasarkan peraturan OJK NOMOR 12 /POJK.03/2021 TENTANG BANK UMUM. Perbankan atau Bank di Indonesia saat ini dibagi atas 4 jenis Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) yaitu Bank KBMI 1, Bank KBMI 2, Bank KBMI 3, dan Bank KBMI 4.

Janis Bank KBMI dibentuk untuk menggantikan jenis bank berdasarkan BUKU. Semula OJK membagi bank ke dalam Bank BUKU 1 hingga Bank BUKU4. Saat ini, hal tersebut telah dirubah sesuai dengan POJK.03/2021.

Jadi apa yang membedakan BUKU dengan KBMI? Sebenarnya perbedaanya terletak pada jumlah modal inti yang dimiliki oleh bank. Jenis model baru yang serakang yaitu KBMI mengelompokkan bank dengan modal inti lebih besar.

Apa itu pengertian Bank KBMI 1, 2, 3 dan 4?

Berikut pengertian Bank KBMI 1, Bank KBMI 2, Bank KBMI 3, dan Bank KBMI 4:

Bank KBMI 1 adalah Bank yang memiliki modal inti sampai dengan Rp 6 triliun rupiah.

Bank KBMI 2 adalah Bank yang memiliki modal inti di atas Rp 6 triliun hingga Rp 14 triliun.

Bank KBMI 3 adalah Bank yang memiliki modal inti di atas Rp14 triliun hingga Rp 70 triliun.

Bank KBMI 4 adalah Bank yang memiliki modal inti lebih dari Rp 70 triliun. 

Dari pengertian Bank KBMI 1 hingga KBMI 4 dapat disimpulkan bahwa Bank yang dulunya masuk daftar Bank BUKU 4 kini bisa terdapak dari daftar Bank KBMI 4. Sebab Bank BUKU 4 yaitu bank yang modal intinya lebih dari Rp 30 triliun.

Perbankan Bank BUKU 4 kini akan turun atau masuk ke daftar Bank KBMI 3. Sementara perbankan yang ada di daftar Bank BUKU 3 akan banyak yang turun ke daftar Bank KBMI 2. Demikian juga perbankan yang ada di daftar Bank BUKU 2 akan banyak yang turun jadi Bank KBMI 1.

Berdasarkan pengertian Bank KBMI 4 yang diputuskan oleh OJK yakni: Bank KBMI 4 adalah Bank yang memiliki modal inti lebih dari Rp 70 triliun. Maka kini bank yang masuk ke daftar Bank KBMI 4 hanya tinggil sedikit. Bank apa saja, berikut daftar bank yang masuk Bank KBMI 4 di Indonesia.

Daftar Bank KBMI 4:

1. Bank BNI modal inti sebesar Rp 119 triliun

2. Bank Mandiri modal inti sebesar Rp 196 triliun

3. Bank BCA modal inti sebesar Rp 197 triliun

4. Bank BRI modal inti sebesar Rp 277 triliun

Itulah nama-nama bank yang masuk daftar Bank KBMI 4 yang ada di Indonesia. Semua bank tersebut memiliki modal inti lebih dari Rp 70 triliun.

1. Bank BNI            

Bank BNI (Persero) Tbk  (IDX: BBNI) adalah salah satu saham bank BUMN yang masuk ke daftar Bank KBMI 4. Bank BNI memiliki modal inti sebesar Rp 119 triliun. Hingga September 2021 Bank BNI memiliki total aset sebesar Rp 919,44 triliun. Saham BBNI termasuk saham yang rajin membagikan dividen ke investor. Dividen Bank BNI (BBNI) tahun 2021 mencapai Rp 820 miliar.

2. Bank Mandiri

Bank Mandiri (IDX: BMRI) adalah saham bank BUMN yang masuk ke daftar Bank KBMI 4 yang memiliki modal inti sebesar Rp 196 triliun. Bank Mandiri dikenal sebagai bank pemilik aset terbesar di Indonesia. Aset Bank Mandiri hingga September 2021 mencapai Rp 1.637 triliun. Bank Mandiri juga dikenal sebagai saham yang royal membagikan dividen tiap tahun ke investor.

3. Bank BCA

Bank BCA Tbk (IDX: BBCA) adalah bank swasta yang satu-satunya masuk ke daftar Bank KMBI 4 di Indonesia. Bank BCA memiliki modal inti sebesar Rp 197 triliun. Bank BCA adalah satu-satunya bank swasta terbesar yang memiliki aset Rp 1.169 triliun.

Bank BCA sudah berdiri sejak tahun 1957, kemudian tercaat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2000. Saham Bank BCA (BBCA) dikenal sebagai saham yang sangat royal membagikan dividen ke investor. Saham BBCA dari tahun ke tahun selalu membagikan dividen.

4. Bank BRI

Bank BRI (Persero) Tbk (IDX: BBRI) adalah bank KBMI 4 pemilik modal terbesar di Indonesia. Bank BRI per September 2021 memiliki modal inti sebesar Rp 277 triliun. Aset Bank BRI tercatat sebesar Rp 1.619 triliun per September 2021.

Modal inti Bank BUMN yang satu ini juga semakin bertambah besar sejak dilakukannya penambahan modal pada 30 September 2021 atau right issue sebesar Rp 94 triliun. Ditambah penggabungan Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) di bawah Bank BRI yang memberikan tambahan modal sebesar rp 30 triliun.

Bank BRI juga dikenal sebagai Bank yang rutin membagikan dividen tiap tahun. Bank BRI belum pernah absen membagikan laba bersihnya ke investor.

Bank KBMI

Bank KBMI adalah pengelompokan bank yang didasarkan pada Modal Inti yang dimiliki oleh tiap bank di Indonesia. Bank KBMI 4 sendiri merupakan diisi oleh bank yang memiliki modal paling besar dibanding Bank BBMI 3, 2 dan 1.

0 comments

Posting Komentar

Terpopuler