16 Oktober 2021

Saham Bank BRI (BBRI) Naik 187% Per Tahun

Saham Bank BRI

Saham BBRI

Saham Bank BRI memiliki kode saham BBRI. Saham BBRI adalah salah satu saham terbaik di Bursa Efek Indonesia. Saya katakan terbaik karena saham BBRI sudah terbukti memberikan keuntungan yang besar sejak tahun 2003 sampai sekarang. Mari kita bongkar fakta saham Bank BRI, apakah benar memberikan keuntungan yang besar?

Harga saham BBRI Desember 2003 sebesar Rp 112 per lembar saham. Harga ini didapat setelah setelah saham BBRI stock split. Sekarang awal Oktober harga saham BBRI sudah mencapai Rp 3.900 per saham. Pertanyaannya, saham BBRI sudah naik berapa persen? Berapa persen keuntungan yang kita dapat sejak tahun 2003 sampai 2021?

Mari kita lihat keuntungan saham BBRI sejak tahun 2003-2021. Harga awal saham BBRI Rp 112 dan kini jadi Rp 3.900, artinya sudah naik sebenyak 3.382 persen.

Harga Saham BBRI 2003 Rp 112
Harga Saham BBRI 2021 Rp 3.900

Jadi selama 18 tahun harga saham BBRI naik 3.382%.

Berapa keuntungan saham BBRI tiap tahun?

Kenaikan rata-rata saham BBRI tiap tahun bisa kita dapat dengan membagi 3.382% dibagi 18 tahun, maka dapat sebesar 187% tiap tahun.

Saham BBRI memberikan keuntungan tiap tahun sebesar 187% mulai dari tahun 2003 – 2021. Jika kita bagikan ke dalam hitungan bulan maka keuntungan saham BBRI tiap bulan yaitu sebesar  15,5%.

Keuntungan dari saham Bank BRI terbukti sangat besar. Saya bilang sangat besar karena keuntungan tiap bulan saja sudah mencapai 15,5% per tahunnya mencapai 187%. Artinya untungnya hampir 2 kali lipat dalam 1 tahun.

Mungkin perhitungan ini masih kurang jelas karena belum kita ubah ke bentuk duit. Jadi begini ceritanya. Kita buat saja contohnya si Budi beli saham BBRI.

Budi pada akhir tahun 2003 dapat warisan dari neneknya sebanyak 10 juta. Pada saat itu Budi masih kuliah semester 1.

Budi pun memutuskan untuk berinvestasi saham karena Budi sudah belajar dan membaca informasi tentang saham. Namun, saat ingin memilih beli saham apa, Budi pun bingung. Budi bingung karena dia tidak tahu saham apa yang paling bagus.

Singkat cerita, Budi akhirnya memilih membeli saham Bank BRI. Alasannya karena Bank BRI sudah terkenal dan dia juga buka tabungan di Bank BRI.

Budi pun membeli uang warisan tadi ke saham BBRI sebanyak 10 juta. Setelah selesai beli saham Bank BRI. Budi pun membiarkannya karena dia masih sibuk kuliah.

18 Tahun kemudian saat badai corona menerjang. Budi pun teringat kalau dia punya saham Bank BRI yang sudah dia beli sejak kuliah dulu. Budi pun terkejut saat melihat uangnya sudah bertambah jadi Rp 348 juta.

Lihat Juga: Besar Bunga Deposito Bank BRI

Dari contoh cerita di atas. Uang Budi bertambah sebanyak Rp 338 juta selama 18 tahun. Padahal Budi tidak melakukan apa-apa terhadap sahamnya selama 18 tahun tersebut. Budi hanya beli saham BBRI kemudian dia biarkan begitu saja alias ditinggal tidur, tahu-tahu 18 tahun kemudian sudah jadi Rp 348 juta.

Maka yang jadi pertanyaan, di mana Anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar itu? Tanpa melakukan apa-apa selama 18 tahun. Jawabannya yaitu investasi saham.

Selain mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham BBRI. Kita juga akan mendapatkan keuntungan dari dividen yang dibagikan Bank BRI tiap tahun.

Bank BRI terkenal sebagai saham yang rajin membagikan dividen ke investor. Dividen BBRI tiap tahun dibagikan dan langsung dikirim ke rekening investor.

Saham adalah salah satu pilihan investasi yang bisa kita coba. Contohnya adalah saham BBRI yang sudah diuarikan di atas. Bagi sobat Bank Digital News, apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar.  Semoga informasinya bermanfaat, salam sehat dan sukses selalu.

0 comments

Posting Komentar

Terpopuler