29 November 2021

Ingin Untung dari Dividen? Begini Cara Mendapatkan Dividen Saham


Pengertian Dividen

Dividen adalah laba atau keuntungan sebuah perusahaan yang dibagikan ke pemegang saham. Jumlah dividen yang dibagikan ke pemegang saham sesuai dengan jumlah lembar yang dimiliki para investor.

Jenis-Jenis Dividen

Dividen yang paling sering dibagikan perseroan adalah dividen tunai (uang tunai) namun, kadang kala ada juga perseroan yang membagikan dividen dalam bentuk saham.

Pembagian dividen biasanya dilakukan setahun sekali, dua kali dalam satu tahun dan ada juga perusahaan yang membagikan dividen 4 kali dalam 1 tahun. Pembagian dividen berupa uang tunai akan ditransfer langsung ke rekening dana nasabah (RDN), sementara dividen saham akan langsung masuk ke portofolio masing-masing investor di perusahaan sekuritas.

Bagaimana Cara Mendapatkan Dividen Saham?

Cara mendapatkan dividen saham sebenarnya cukup mudah. Bagi pemula yang ingin mendapat untung dari dividen saham berikut cara mendapatkan dividen.

1. Amati Saham yang Rajin Bagi Dividen

Saham yang rajin bagi dividen biasanya akan membagi dividen setiap tahun tanpa pernah putus. Saham yang selalu bagi dividen biasanya akan membagi dividen 1 atau 2 kali dalam satu tahun.

Apabila kamu ingin mendapat untung dari dividen, maka kamu wajib mengamati dan memprediksi berapa kira-kira jumlah dividen yang akan dibagikan. Lakukan pengamatan jauh-jauh hari sebelum info pembagian dividen diumumkan. Apabila kamu sudah mendapat perkiraan berapa jumlah dividen yang akan dibagi, maka kamu sudah bisa mulai mencicil untuk membeli sahamnya.

2. Miliki Sahamnya Sampai Cum Date

Cum date adalah tanggal terakhir perdagangan saham sebuah emiten yang akan membagi dividen. Apabila kamu masih memiliki sahamnya hingga Cum Date, maka kamu berhak mendapat dividen saham. Sebaliknya jika kamu tidak punya sahamnya sampai Cum Date, otomatis kamu tidak dapat dividen.

Kalau kamu masih memegang saham pembagi dividen tersebut pada saat Cum Date, maka kamu berhak mendapat dividen. Berikut contoh mendapatkan dividen saham BCA.

Contoh cara mendapatkan dividen saham BCA (BBCA)


Saham BCA salah satu saham yang rajin membagikan dividen dari tahun ke tahun (cek dividen BCA di sini). Dividen saham BCA biasaya dibagikan dua kali dalam setahun, pembagian dilakukan setelah diputuskan di RUPST (Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan). Misalnya tahun 2021 saham BBCA membagikan dividen sebesar Rp 25 per lembar. Pengumuman pembagian dividen saham BCA biasanya diumumkan di KSEI dan Bursa Efek Indonesia.

Bentuk pengumuman dan jadwal pembagian dividen biasanya seperti berikut:

1. Cum Dividen di Pasar Reguler & Pasar Negosiasi: Tanggal 16 November 2021

2.   Ex Dividen di Pasar Regular & Pasar Negosiasi: Tanggal 17 November 2021

3.   Cum Dividen di Pasar Tunai: Tanggal 18 November 2021

4.   Ex Dividen di Pasar Tunai: Tanggal 19 November 2021

5.   Pencatatan (Recording Date): Tanggal 18 November 2021

6.   Pembayaran Dividen Tunai: Tanggal 7 Desember 2021

Nah, bagaimana cara mendapatkan dividen saham BBCA? Caranya yaitu perhatikan tanggal cum date atau Cum Dividen. Pada contoh di atas, cum date BBRI yaitu tanggal 16 November 2021. Jika kamu ingin mendapatkan dividen Saham BCA, maka kamu harus memiliki saham BCA hingga tanggal 16 November 2021.

Lihat Juga: Saham BCA, Keuntungan Saham BCA dan Cara Beli Saham BCA


Tanya Jawab Tentang Dividen Saham

1. Siapa yang berhak menerima dividen?

Yang berhak menerima dividen yaitu pemegang saham yang namanya terdaftar dalam daftar pemegang saham saat dilakukannya pencatatan. Nama para investor akan tercatat apabila memiliki sahamnya hingga cum date.

2. Apakah kita akan mendapat dividen setelah membeli saham?

Kita akan dapat dividen saham apabila membeli sebelum atau saat cum date. Apabila kita membeli setelah lewat cum date, maka kita tidak dapat dividen saham.

3. Berapa lama pembagian dividen saham?

Dividen saham biasanya dibagikan satu tahun sekali setelah diadakannya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Namun, ada juga saham yang membagikan dividen dua kali dalam setahun yaitu dalam bentuk dividen interim dan dividen tunai.

4. Jual saham saat ex date apakah dapat dividen?

Ya, tetap dapat dividen. Namun, harga saham biasanya akan turun setelah cum date selesai.

5. 1 lot dapat dividen berapa?

1 lot sama dengan 100 lembar saham. Maka jumlah yang kamu dapat yaitu dikalikan dengan jumlah dividen per lembar. Misalnya dividen Saham BCA sebesar Rp 25 per lembar. Maka jumlah yang kamu dapat yaitu sebesar Rp 2.500

6. Dividen ditransfer kemana?

Dividen akan ditransfer ke rekening milik investor atau biasa disebut RDN. Kamu bisa mengecek RDN kamu saat tanggal pembayaran dividen.

7. Apakah semua saham bagi dividen?

Tidak, saham yang bagi dividen biasanya saham-saham yang memperoleh laba atau untung. Namun, ada juga beberapa saham yang untung, tetapi tidak bagi dividen. Biasanya labanya di tahan untuk modal, tidak dibagikan ke investor.

8. Siapa yang menentukan akan bagi dividen?

Yang menentukan yaitu investor pengendali atau pengendali perusahaan. Pengendali perusahaan biasanya pemegang saham terbesar. 

9. Syarat mendapatkan dividen saham?

Syarat mendapatkan dividen saham adalah memiliki saham hingga cum date, maka kita akan dapat dividen. 

10. Apakah dividen bisa langsung diambil dari rekening?

Dividen yang sudah masuk ke rekening dana nasabah (RDN), bisa langsung diambil. Namun, bagi kamu yang ingin menginvestasikan kembali dividen yang kamu dapat juga bisa.

Menginvestasikan Dividen

Reinvestasi dividen atau menginvestasikan kembali dividen yang kita terima bisa meningkatkan pendapatan passive income dari saham.

Membelikan kembali saham dari hasil dividen salah satu cara meningkatkan nilai investasi saham yang kita miliki. Dengan demikian maka jumlah dividen yang akan kita terima di kemudian hari juga akan meningkat, seturut jumlah saham yang kita miliki.

0 comments

Posting Komentar

Terpopuler