13 Desember 2021

Bisnis Pendapatan Berulang: Pengertian dan Contohnya


Bisnis Pendapatan Berulang
– Pendapaan  berulang adalah pendapatan yang diperoleh perusahaan secara berkala atau terus-menerus. Pendapatan berulang atau atau reoccurring revenue contoh mudahnya yaitu pendapatan sewa.

Bisnis Pendapatan Berulang

1. Sewa

Pendapatan dari sewa adalah pendapatan berulang yang selalu diterima oleh perusahaan. Pemasukan diterima setiap bulan secara berulang sesuai dengan kontrak yang dibuat bersama. Pembayaran sewa juga bisa dilakukan secara tahunan maupun 5 tahun sesuai dengan kesepakatan.

2. Berlangganan Konten

Berlangganan konten saat ini mulai populer di dunia internet. Banyak pemain bisnis mulai menerapkan biaya langganan konten. Seperti kanal youtube, channel movie, situs berita, blog, majalah dan langganan data-data ilmiah.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Passive Income dari saham

Bisnis yang menyediakan layanan konten tentu akan menghasilkan pendapatan berulang setiap bulan dari para pelanggannya. Pelanggan biasaya akan melakukan kontrak langganan selama 1 bulan hingga 1 tahun. Biasanya para konsumen akan tetap memperpanjang kontrak karena kebutuhan.

3. Langganan Layanan Perpanjangan Otomatis

Langganan yang diperpanjang secara otomatis adalah layanan yang diperpanjang secara otomatis hingga pelanggan membatalkan. Beberapa contoh kebijakan perpanjangan otomatis adalah perangkat lunak pengolah kata, pendaftaran anti-virus, streaming musik, streaming video, layanan cloud, publikasi cetak atau digital, atau pendaftaran domain internet.

Baca Juga: 10 Cara Sukses Berinvestasi

Perusahaan menghitung pendapatan bulanan mereka yang berulang dengan mengalikan jumlah orang yang membayar layanan dengan jumlah pendapatan rata-rata per pengguna.

4. Kontrak Jangka Panjang

Adalah umum di banyak industri bagi perusahaan untuk meminta pelanggan mereka berkomitmen pada kontrak jangka panjang dengan imbalan layanan. Perusahaan telepon seluler adalah contoh umum dari hal ini, karena banyak yang mengharuskan pelanggan untuk berkomitmen pada kontrak untuk jangka waktu dua hingga lima tahun dengan pembayaran bulanan.

Perusahaan yang mengikuti model berlangganan jenis ini dapat mencatat pendapatan di masa mendatang karena mereka dapat yakin bahwa pelanggan akan melakukan pembayaran bulanan tersebut selama masa kontrak.

Baca Juga: Keuntungan Membeli Saham  BCA (IDX:BBCA)

Bisnis ini sering menyertakan klausul pembatalan dalam kontrak mereka. Jika pelanggan memilih untuk membatalkan layanan sebelum akhir kontrak, pelanggan biasanya diharuskan membayar biaya pembatalan.

5. Langganan Produk

Langganan produk adalah jenis umum lain dari reoccurring revenue. Banyak perusahaan e-commerce menawarkan layanan berlangganan sebagai kemudahan bagi pelanggan yang secara teratur membutuhkan barang yang dikirim ke rumah mereka.

Beberapa contoh produk langganan adalah perlengkapan kecantikan, pisau cukur, produk rumah tangga bahkan perlengkapan kantor. Membuat produk ini tersedia sebagai langganan menyederhanakan pemesanan ulang untuk konsumen dan meningkatkan nilai umur pelanggan untuk bisnis.

6. Kerjasama  Vendor Secara Kontrak

Contoh lain dari aliran pendapatan yang berulang dapat terjadi ketika pelanggan menjadi tergantung pada produk dan layanan Anda dan, karena alasan ini, merasa sulit untuk beralih ke perusahaan lain mana pun.

Baca Juga: Saham Bank BRI (IDX: BBRI) Naik 187% Per Tahun

Sebagai contoh, perusahaan komputasi awan dapat memudahkan pelanggan untuk membatalkan layanan mereka. Namun, melakukannya akan membutuhkan bisnis untuk menyiapkan sistem atau proses baru untuk mengakses data tersebut, yang akan membutuhkan waktu dan sumber daya yang berharga.

Dalam banyak kasus, perusahaan dapat memilih untuk tetap dengan vendor hanya karena mereka telah tumbuh tergantung pada teknologi yang ditawarkan vendor.

7. Kontrak Dukungan

Terkadang produk, khususnya perangkat lunak, dijual dengan biaya satu kali dan menyertakan opsi untuk membeli layanan dukungan yang berulang. Skenario yang paling umum adalah perangkat lunak yang dibeli konsumen dengan biaya dimuka dan kemudian biaya dukungan tahunan tambahan jika mereka menginginkan dukungan tambahan atau peningkatan lisensi.

8. Merek Besar Dengan Pelanggan Setia

Contoh reoccurring revenue ini sedikit berbeda dari yang lain karena tidak ada langganan dan pelanggan tidak diwajibkan untuk membeli karena kontrak. Namun, ketika sebuah perusahaan memiliki basis pelanggan setia yang besar yang cenderung menggunakan layanan ini secara teratur, mereka dapat merasa yakin bahwa mereka akan menerima persentase besar dari reoccurring revenue.

Produsen minuman ringan adalah contoh yang baik untuk hal ini, karena banyak pelanggan mereka mengonsumsi beberapa minuman per hari.

Sumber rujukan: accurate.id

0 comments

Posting Komentar

Terpopuler