05 Januari 2022

10 Cara Jualan Online untuk Pemula Agar Laris dan Untung

jualan online

Cara Jualan Online untuk Pemula – Bagi Anda khususya pemula yang ingin membuka bisnis jualan online tentu harus tahu caranya. Jualan online sudah mulai tren sejak awal tahun 2015 dan semakin berkembang pesat sejak covid-19 datang di tahun 2020.

Jualan online kini jadi salah satu mata pencaharian untuk menghasilkan uang. Banyak kaum muda hingga ibu rumah tangga ikut jualan online.

Bagi yang ingin jualan online perlu mengetahui cara jualan online agar barang bisa laris. Bagi yang sudah memulai bisnis namun sebatas jualan di toko, bisa juga memperluas pasar dengan jualan online.

Berikut tips cara jualan online di tahun 2022 agar jualan laris. Anda bisa mempraktekannya agar jualan online Anda laris dan mendapatkan untung besar.

Cara Jualan Online untuk Pemula agar Jualan Laris dan Untung:

1. Pilih Produk yang Tepat untuk Dijual

Jualan online harus dimulai dengan memilih produk yang akan dijual. Produk yang dijual tentunya harus bisa memberikan keuntungan.

Bagi pemula yang bingung ingin jualan apa. Kamu bisa memulai dengan menjual produk yang kamu kenal. Artinya kamu sudah mengetahui secara mendalam produk tersebut, sehingga kamu sudah tahu harus menjual ke siapa.

Contoh, kamu sangat gemar dengan buku komik dan memiliki banyak koleksi buku komik. Nah, kamu sudah tahu harus menjual ke siapa. Atau kamu gemar dengan aksesoris gelang, anting dan sebagainya. Nah, tentu kamu sudah tahu harus menjual ke siapa dan berapa harga yang ingin kamu jual.

Bagi Anda yang samasekali tidak punya hobi atau mengenal sebuah produk yang dikuasi. Tenang kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut untuk menentukan produk jualan online apa yang ingin dijual. Berikut hal-hal yang diperhatikan untuk memilih produk jualan online:

1. Produk yang dijual peminatnya sangat banyak atau dibutuhkan banyak orang, sehingga mudah untuk dijual.

2. Anda juga bisa memilih produk yang bebas expire atau tidak ada masa berlakunya. Produk seperti ini membuat modal Anda tidak hilang meskipun lama terjual.

3. Mudah dikemas saat dijual online. Produk yang mudah dikemas membuat Anda tidak perlu cemas kalau barang mudah rusak, seperti barang pecah belah. Produk yang mudah dikemas juga membuat Anda lebih cepat untuk mengirim barang ke pembeli.

4. Lihat pesaing dan temukan kelemahannya. Meskipun banyak pesaing Anda tetap bisa bersaing dengan cara menemukan kelemahan pesaing Anda. Coba baca ulasan-ulasan komentar dari pembeli dan berikan yang tidak ada dari pesaing.

5. Menjual produk yang belum ada di pasaran. Anda bisa menemukan produk yang belum ada di pasaran dan mengimpornya dari luar kemudian menjual kembali ke secara online.

Sebagai tambahan, memilih produk yang akan dijual memang sangat penting, tetapi yang lebih penting adalah Anda harus tahu cara menjualnya.

 

2. Mempersiapkan Diri secara Fisik dan Mental


Untuk pemula yang ingin jualan online harus mempersiapkan diri secara fisik mental. Anda harus membulatkan tekat dan memiliki jiwa pantang menyerah saat berjualan online.

Saat jualan online tentu banyak halangan dan rintingan yang akan dihadapi jadi perlu mental yang kuat. Berikut hal-hal yang bisa dipelajari untuk mempersiapkan diri untuk jualan online.

1. Mempelajari karakter pembeli online.

Pembeli online memiliki karakter yang berbeda-beda, namun pada umumnya tetap sama dengan pembeli offline karena orangnya itu-itu juga.

Pembeli online memiliki karakter suka membandingkan dengan berbagai toko, mencari ulasan dari orang-orang yang membeli.

Ada juga yang memiliki karakter mencari barang murah. Ada juga mencari barang yang bagus dan terpercaya.

Nah dengan mengetahui itu semua, maka kamu bisa menentukan toko kamu ingin menyasar orang-orang yang berkarakter seperti apa.

2. Membuat tampilan produk dan toko dengan menarik agar orang tertarik untuk melihat lalu membeli.

Produk yang ditampilkan harus jelas dan menarik. Jangan menampilkan produk buram dan terkesan asal jadi. Buat juga uraian yang jelas, sehingga pembeli tahu apa yang dia dapatkan.

Membuat keterangan yang jelas juga membantu kamu agar tidak perlu repot menjawab pertanyaan dari pembeli.

3. Jangan pernah mengecewakan pelanggan. Sebaliknya bangunlah kepercayaan pembeli terhada toko online kita agar pembeli loyal terhadap toko kita.

Pelanggan yang kecewa akan memberikan komentar negatif. Komentar negatif tentu tidak baik bagi calon pembeli baru karena mereka bisa kabur tidak jadi beli.

4. Memberikan pelayanan yang terbaik sehingga pembeli puas. Pembeli yang puas tentu akan datang kembali belanja.

Berikut poin penting membangun kepercayaan dan meningkatkan kualitas customer service agar pembeli puas:

1. Selalu ramah memberikan jawaban pada calon pembeli meskipun pelanggan tersebut menyebalkan.

2. Selalu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah Anda buat di toko. Jangan sekali-sekali menyimpang dari ketentuan yang telah dibuat.

3. Belanja online sering membuat pembeli ragu karena tidak langsung, sehingga sering kali banyak bertanya. Tetaplah sabar menjawab pertanyaannya jangan marah atau tidak dijawab.

4. Jangan sakit hati atau baper saat calon pembeli hanya bertanya. Di dunia jualan online hal tersebut biasa, jadi jangan baper.

5. Gunakan bahasa yang enak dan sopan saat menyapa dan menjawab pertanyaan para pembeli.

6. Buat jam kerja toko online Anda, sehingga pembeli tahu kapan harus bertanya dan tahu kapan Anda online.

 Baca Juga : Cara Mendapatkan Passive Income dari Saham

3. Buat Rencana Kerja Bisnis Online Anda


Cara jualan online untuk pemula selanjutnya adalah menyusun rencana kerja bisnis online yang ingin dijalankan.

Membuat perencanaan ini penting agar jaulan online kamu bisa berjalan lancar. Jadi saat pembeli sudah ada, kamu bisa langsung melayani dengan baik, tanpa ada lagi kendala untuk mengirim barang, mengemas barang dan lain sebagainya.

Beberapa rencana kerja bisnis online seperti membuat nama toko, menetapkan persentase keuntangan, memilih jasa pengiriman, besar modal, menentukan pemasok barang, menetapkan harga jual, memilih tempat berjualan di e-commerce atau di metsos.

 

4. Menentukan Supplier yang Terpercaya

Langkah selanjutnya untuk jualan online yaitu menentukan pemasok atau supplier yang terpercaya. Jualan online sangat tergantung dengan pemasok, apalagi Anda tidak menjual barang hasil buatan sendiri.

Pemasok harus dapat dipercaya baik segi kualitas dan juga harga. Jangan memilih supplier yang suka menaikan harga tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Supplier yang baik tentu akan selalu memberikan informasi apabila ada kenaikan harga ke pelanggannya.

Berikut cara memilih supplier yang bagus untuk kerjsama agar jualan online tetap lancar:

1. Perhatika tempat supplier, usahakan dekat dengan kita. Apabila tidak dekat setidaknya mudah untuk diakses menggunakan kendraan umum dan pribadi.

2. Memberikan harga jual yang baik artinya kita masih bisa mendapatkan untung yang lumayan.

3. Selalu memiliki ketersediaan stok barang dan selalu memberikan informasi apabila stok barang sulit dan tidak ada.

4. Lakukan kerjasama dengan supplier apakah bisa menjual barangnya dan memberikan uang setelah barang laku terjual. Beberapa supplier bersedia untuk kerjasama ambil barang, bayar setelah laku.

 

5. Memilih Platform Tempat Berjualan Online

Jualan online juga penting mencari lokasi tempat berjualan. Saat ini ada banyak pilihan tempat jualan online. Berikut tempat jualan online yang bisa kamu pilih:

1. Facebook

Media sosial facebok banyak dijadikan tempat berjualan oleh masyarakat. Semua produk dan barang banyak ditawarkan di marketplace facebook.

Kelebihan jualan di marketplace facebook yaitu kamu bisa menentukan lokasi di mana barang yang ingin kamu jual. Misalnya kamu ingin menjual barang kamu hanya sekitar 5 km dari lokasi kamu. Atau hanya ingin menjual di kota Jakarta.

Jualan di marketplace facebook sangat mudah, kamu cukup posting dan buat keterangan barang. Tidak ada potongan komisi untuk facebook. Semua keuntungannya buat kamu.

2. Instagram

Sama halnya dengan facebok. Jualan online di Instagram juga sangat mudah. Kamu cukup posting barang jualan kamu, tunggu sampai pembeli bertanya dan melakukan order. Semua keuntungan yang kamu dapat 100% buat kita dan tidak ada potongan dari Instagram.

3. WA (WhatsApp)

WhatsApp sama halnya dengan Facebook dan Instagram. Kamu cukup posting dan upload barang yang ingin kamu jual. Atau kamu bisa langsung kirim pesan langsung ke orang-orang yang kamu kenal.

Keuntungan yang kita peroleh juga 100% tanpa ada potongan.

4. Marketplace seperti Shoope, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya.

Marketplace seperti shoope, tokopedia, bukalapak adalah tempat jualan online yang banyak dipilih orang. Bahkan orang-orang berjualan di setiap marketplace sekaligus. Marketplace ini memang menerapkan biaya komisi sekian persen dari hasil penjualan. Biasanya disebut biaya penanganan.

Jualan di shoope, bukalapak, tokopedia harus mendaftar terlebih dahulu. Kemudian baru bisa membuka toko untuk berjualan.

5. Membuat website toko online sendiri

Kamu juga bisa membuat website toko online sendiri untuk menjual barang secara online. Kelebihan membuat website sendiri yaitu pelanggan akan lebih loyal dan setia untuk berkunjung untuk membeli. Kekurangan membuat website sendiri yaitu harus mengeluarkan biaya lebih untuk jasa pembuatan website dan layanan hosting tiap tahun.

Dari berbagai tempat pilihan jualan online di atas tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kamu cukup mana yang lebih cocok dengan produk kamu. Kamu juga bisa menjual di berbagai medsos dan marketplace sekaligus.

  Baca Juga : Saham BCA, Harga Saham, Keuntungan dan Cara Beli Saham BBCA

6. Menentukan Harga Jual


Cara jualan online untuk pemula selanjutnya adalah menentukan harga jual barang. Barang yang dijual tentu harus bisa bersaing dengan yang lain, namun tetap memberikan untung.

Berikut cara menentukan harga jual barang:

1. Cek harga barang di pasaran atau di tempat pesaing.

2. Berapa harga beli dari supplier.

3. Berapa jumlah biaya operasional yang dikeluarkan.

4. Tentukan jumlah persentase laba bersih yang ingin anda peroleh. Misalnya Anda ingin mendapat keuntungan bersih sebesar 5% - 20%.

Setelah Anda mendapat data-data di atas baru Anda bisa menetapkan harga jual produk di pasaran.

 

7. Promosikan Produk Jualan Anda

Cara jualan online berikutnya yaitu melakukan promosi. Promosi sangat penting dilakukan agar banyak orang tahu produk yang kita jual. Tanpa adanya promosi diawal, maka kemungkinan penjualan akan sulit tercapai.

Diawal-awal Anda wajib mempromosikan produk Anda agar orang tahu dan mulai mengenal produk kamu.

Promosi bisa dilakukan dengan gratis dan juga berbayar. Berikut cara mempromosikan jualan online:

1. Buat flyer dan sebarkan ke group WA dan FB. Bisa juga di group Telegram dan media sosial lainnya. Jangan lupa selalu rajin memposting di media sosial dan memberikan keterangan barang yang dijual.

Cara ini adalah cara gratis untuk promosi barang jualan online.

2. Bagi yang memiliki akun Facebook atau Instagram, kamu bisa memasang iklan di FB dan IG.

3. Memasang iklan Google Ads agar orang-orang datang berkunjung ke toko Anda.

4. Membuat website sendiri dan menulis artikel SEO yang berhubungan dengan produk jualan Anda.

Itulah beberapa cara promosi yang bisa kamu lakukan untuk jualan online.

 

8. Buat Jurnal Keuangan Bisnis Online Anda


Tips Cara berjualan online bagi pemula selanjutnya yaitu membuat jurnal keuangan atau catatan keuangan.

Mencatat laporan keuangan bisnis sangat penting dilakukan, sehingga semua transaksi bisa tercatat dengan baik.

Meskipun usaha jualan online Anda masih kecil jangan pernah mengabaika buku kas. Hal ini sangat berguna untuk mencatat uang yang masuk dan keluar.

Buatlah catatan keuangan dengan baik dan jelas, sehingga Anda bisa memahaminya dengan mudah. Jangan sampai Anda sendiri bingung dengan catatan yang Anda buat.

 

9. Pisahkan Tabungan Pribadi dengan Tabungan Bisnis

Cara jualan online berikutnya agar sukses dan laris yaitu Memisahkan tabungan pribadi dan bisnis. Mencampur keuangan pribadi dengan keuangan bisnis dalam satu rekening tabungan tidak baik. Menggabungkan keduanya hanya akan membuat Anda bingung dan sulit untuk membuat catatan laporan keuangan usaha Anda. Mungkin diawal-awal Anda masih bisa mengingat untuk mencatat, tetapi dalam jangka waktu yang lama dijamin Anda akan kewalahan.

Memisahkan tabungan pribadi dan tabungan bisnis perlu dilakukan, sehingga Anda bisa mengetahui seluruh pemasukan dan pengeluaran. Anda juga bisa dengan mudah menghitung berapa keuntungan jualan online yang didapat.

 

10. Lakukan Evaluasi untuk Meningkatkan Keuntungan


Cara jualan online agar untung dan sukses bagi pemula yang terakhir yaitu melakukan evaluasi. Evaluasi perlu dilakukan untuk mengukur hasil jualan online kita. Setelah hasil ditemukan maka, kita bisa mengevaluasi mana yang harus ditingkatkan agar penjualan bisa meningkat dan untuk makin besar.

Tanpa adanya evaluasi kita tidak akan pernah tahu apakah cara jaulan online kita sudah tepat dan menguntungkan atau tidak. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan agar kita bisa memperbaiki mana yang harus diperbaiki, sehingga kita bisa menetapkan strategi ke depan untuk meningkatkan keuntungan.

 

Kesimpulan

10 Cara jualan online untuk pemula di atas semoga membantu Anda untuk memulai bisnis jualan online. Cara jualan online di atas mungkin sebagian mudah dan ada yang sulit untuk dilakukan, tetapi Anda bisa mempelajarinya secara bertahap, teratur dan konsisten.

Semoga tips jualan online untuk pemula di atas bisa membantu Anda memulai usaha jualan online, sehingga Anda mendapatkan keuntungan yang besar.

0 comments

Posting Komentar

Terpopuler