30 Desember 2021

Kelebihan dan Kekurangan Jenius BTPN dari Pengalaman Selama 3 Tahun

Apalikasi Jenius adalah aplikasi bank digital milik Bank BTPN. Jenius bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan perbankan seperti buka tabungan, deposito, tabungan valas, transfer uang dan layanan transaksi perbankan lainnnya.

Aplikasi Jenius dapat diinstal di HP android dan iOS. Semua proses buka rekening juga online tanpa perlu ke kantor cabang Bank BTPN. Jenius juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi kalau ingin buka akun tabungan di Jenius sudah aman dan tidak perlu khawatir.

Jenius sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari pengalaman saya selama memakai Jenius dari awal tahun 2019 hingga tahun 2022. Jenius telah melakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas layanannya. Namun ada satu kekurangan aplikasi Jenius yang sejak dulu sampai sekarang tidak berubah.

Berikut Akan Saya Review Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Jenius Berdasarkan Pengalaman Selama 3 Tahun Memakai Jenius.


Kelebihan Jenius

1. Buka Rekening Jenius Online

Buka akun rekening bisa dilakukan online. Sebenarnya ini bukan lagi sebuah kelebihan, sebab semua bank digital sudah full online. Baik buka akun, rekening dan lain sebagai. Namun, saya masih membuat ini sebagai kelebihan karena proses pembuatan akun Jenius termasuk mudah. Proses buka akun Jenius sama dengan bank digital lainnya, tidak ada yang berbeda.

2. Memiliki Kartu ATM Visa

Kelebihan buka tabungan Jenius yaitu dapat kartu ATM Visa. Kartu ATM Jenius ini bisa digunakan transaksi pembayaran di dalam negeri dan luar negeri. Kita juga bisa melakukan tarik tunai di seluruh ATM Prima dan Bersama. Gratis tarik tunai di seluruh jaringan ATM BTPN.

3. Memiliki ATM Elektronik atau E-Card

E-Card Jenius atau ATM Elektoronik Jenius ini fungsinya sama dengan Kartu Debit ATM, tetapi hanya digunakan untuk pembayaran online. Jadi apabila ingin membayar tagihan kita bisa memasukkan nomor E-Card Jenius. Kita juga bisa menggunakan E-Card Jenius untuk transaksi belanja online baik dari luar negeri dan dalam negeri.

Banyak juga warga net yang mengatakan kalau E-Card seperti kartu kredit dan mengatakan Jenius memiliki kartu kredit. Namun saya mengatakan tidak. E-Card Jenius tidak sama dengan kartu kredit.

E-Card hanya bisa digunakan apabila kita memiliki saldo / uang di dalam. Apabila tidak ada saldo atau uang, maka tidak bisa digunakan.

4. Memiliki Tabungan Valas dan Bisa Jual Beli Valas untuk Investasi

Jenius memiliki tabungan valas seperti USD, SGD, JPY, GBP, AUD, HKD dan EUR. Jadi kita bisa menyimpan tabungan dalam mata uang asing.

Di Jenius kita bisa transaksi jual beli valas. Misalnya saat dollar Amerika turun kita bisa membeli. Setelah naik kita bisa jual kembali.

Transaksi jual beli valas di Jenius hanya bisa dilakukan saat jam operasional pukul 9:00 WIB – 15:00 WIB. Ketentuan jam operasional ini mengikuti aturan dari Bank Indonesia.

5. Jenius Memiliki Pinjaman Online Flexi Cash


Flexi cash Jenius hanya bisa didapatkan oleh nasabah yang beruntung. Pihak Jenius akan menawarkan pinjaman online Flexi Cach apabila memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan Jenius. Dana flexi Cash Jenius bisa mencapai hingga Rp50 juta.

Lihat Juga: Jenius Flexi Cash, Tanya Jawab Seputar Pinjaman Flexi Cash

Limit flexi cash bisa meningkat apabila nasabah tidak pernah telat membayar dan rata-rata pemasukan di tabungan selalu positif tiap bulannya.

6. Bunga Tabungan dan Deposito Tinggi

Bunga tabungan dan bunga deposito di Jenius termasuk tinggi. Inilah salah satu alasan saya masih memakai Jenius sampai saat ini.

Bunga tabungan jenius Flexi Saver 2,5% per tahun. Bunga deposito Jenius 4% per tahun. Minimal buka deposito Rp10 juta rupiah.

7. Bisa Bayar Tagihan dan Top-up E-wallet.

Jenius bisa digunakan untuk membayar berbagai tagihan, beli paket dan top-up E-Wallet seperti Linkaja, Gopay, OVO dan lainnya.  

8. Jenius Memiliki Fasilitas Pembayaran QR Code

Aplikasi Jenius bisa bayar belanjaan pakai QR Code. Caranya gampang, kamu cukup scan QR Code di toko tempat kamu berbelanja.

9. Aplikasi Jenius Memiliki Moneytory Pengeluaran Bulanan


Aplikasi Jenius ada menu moneytory yang berfungsi untuk merekam catatan pengeluaran dan pemasukan bulanan. Jadi kita bisa mengetahui berapa pengeluaran kita tiap bulan dan berapa pemasukan tiap bulan. Menu seperti ini belum ada di aplikasi bank digital lainnya.

10. Gratis Transfer ke Bank Lain dan Tarik Tunai di ATM

Jenius gratis tarik tunai dari ATM bersama dan Prima. Jenius juga gratis transfer uang ke bank lain dari aplikasi Jenius. Namun ada syarat untuk mendapatkan falistas gratis transfer dan tarik tunai yaitu:

Saldo wajib minimal Rp 1 juta selama 1 bulan dan tidak boleh kurang. Nasabah yang rata-rata saldo bulanannya Rp1 juta sampai Rp9,9 juta akan mendapatkan gratis 5 kali tarik tunai di ATM dan 15 kali gratis transfer antar bank dan top up e-wallet.

Nasabah rata-rata saldo minimal Rp20 juta ke atas selama 1 bulan dapat 25 kali gratis tarik tunai di ATM dan 25 kali gratis transfer antar bank dan top up e-wallet.

Nasabah yang saldo rata-rata di bawah Rp1 juta tidak dapat gratis dan harus bayar. Biaya transfer dari Jenius ke bank lain sebesar Rp5.000 dan biaya transfer antar bank melalui ATM sebesar Rp6.500. Biaya tarik tunai di ATM Prima dan Bersama Rp 7.500 per transaksi.


Kekurangan Jenius

Selama memakai Aplikasi Jenius 3 tahun lebih. Jenius memiliki berbagai kekurangan.

 Berikut kekurangan jenius berdasarkan pengalaman selama memakai Apalikasi Jenius BTPN:

1. Ada Biaya Admin Rp10.000 per bulan

Kekurangan Jenius yaitu ada biaya administrasi bulanan sebesar Rp10 ribu yang dipotong tiap bulan. Awalnya Jenius gratis biaya admin, tetapi sejak tahun 2021 pihak Jenius mewajibkan bayar admin bulanan.

Adanya biaya admin bulanan membuat Jenius kalah bersaing dengan bank digital lain yang rata-rata gratis biaya bulanan. Pihak manajemen Jenius BTPN mengklaim bahwa biaya admin ini digunakan untuk meningkatkan kualitas aplikasi Jenius.

Namun seiring berjalan waktu aplikasi Jenius tetap saja tidak meningkat kualitasnya khususnya dari segi kecepatan apalikasi. Sejak dulu sampai sekarang kecepatan aplikasi Jenius tidak ada yang berubah. Bahkan semakin banyak menu di aplikasi membuat Jenius makin lelet.

2. Aplikasi Jenius Lemot / Lelet

Kekurangan Aplikasi Jenius yang paling mengecewakan nasabah yaitu Aplikasi Jenius Lelet alias lemot. Nasabah Jenius sudah lama mengeluh karena lemot, tetapi sejak tahun 2017 hingga tahun 2022 masih tetap sama.

Bahkan semakin banyaknya menu di Aplikasi Jenius membuat aplikasi makin lemot. Bayangkan saja, saat kita mau transfer uang ke bank lain aplikasinya lemot membuat kita kesal karena harus menunggu lama. Terkadang aplikasi Jenius logout sendiri karena terlalu lama menunggu loeding.

Saya sendiri sudah beberapa kali mengalami sampai-sampai membuat kesal karena tidak bisa-bisa transfer uang ke rekening saya yang lain. Setiap kali mau transfer langsung logout karena terlalu lama loeding.

Bagi yang suka melakukan transaksi bayar ini dan itu, tidak direkomendasikan menggunakan aplikasi Jenius. Bisa-bisa transaksi gagal karena lemot. Jenius hanya cocok buat nyimpan deposito. Ini alasan saya kenapa masih memakai Jenius. Saya pakai hanya buat nyimpan deposito. Bunga deposito juga bisa menutup biaya admin bulanan. Namun sekarang sudah banyak bank digital lain yang lebih bagus seperti Blu, Line Bank yang memberikan bunga deposito tinggi. Saya sudah berencana untuk menutup akun Jenius dan memindahkan deposito ke Blu BCA Digital.

3. Layanan Chat CS di Aplikasi Jenius Bisa Terputus Otomatis

Layanan chat CS di Aplikasi Jenius sangat tidak memuaskan. Layanan CS Jenius terkadang lama dibalas sehingga jendela Chat bisa tertutup sendiri. Setiap CS lama membalas maka kita harus menekan tombol saya masih ada, jika tidak menekan ini maka chat langsung tertutup.

Saya sudah beberapa kali Chat CS dan harus menekan tombol saya masih ada setiap kali sang CS lama membalas. Bayangkan saya harus menekan-nekan tombol terus kalau tidak chat langsung diputus oleh aplikasi Jenius secara otomatis. Bagi saya ini sangat annoying banget.

4. Promo Cashback Jenius Tidak Transparan

Saya pernah beberapa kali mengikuti promo Cashback Jenius seperti bayar tagihan listrik dapat cashback uang. Namun saat kita sudah mengikuti syarat seperti minimal bayar tagihan listirk Rp500 ribu dalam satu bulan, tetapi bulan berikutnya tidak dapat cashbank. Pernah saya tanya lewet CS dan mereka menjawab bahwa ketentuan mendapatkan cashback keputusan dari pihak Jenius dan tidak bisa diganggugugat.

Mendengar jawaban seperti itu sangat menyebalkan. Kemudian saya tanya lagi alasan tidak dapat sampai akhirnya sang CS mengatakan bahwa promo tersebut ada kuotanya tiap bulan. Misalnya hanya 200 orang pertama tiap bulan.

Promo-promo cahsback Jenius yang tidak transparan alias seperti jebakan badman membuat kita jera untuk ikut promonya. Sebab di syarat dan ketentuan promo tidak disebutkan bahwa ada kuota tiap bulan.

Begitu juga dengan promo cashback lainnya ada yang tidak transparan, sehingga saya jera untuk ikut promo Jenius.

 

Kesimpulan Review Aplikasi Jenius BTPN

Aplikasi Jenius BTPN memang memiliki kelebihan / keunggulan di beberapa sisi seperti memiliki kartu ATM fisik dan ATM elektronik, ada menu moneytory, bisa transaksi jual beli valas. Suku bunga tabungan dan deposito tinggi.

Jenius juga memiliki kekurangan seperti aplikasi yang lelet, adanya biaya adminstrasi bulanan serta promo yang tidak transparan.

Berikut akan saya buat penilaian Jenius dari beberapa aspek yang wajib diperhatikan dari sebuah bank digital.

1. Rekening tabungan baik jenis tabungan, suku bunga dan deposito saya memberikan nilai 4,5 dari 5.

2. Biaya administrasi bulanan Jenius bayar Rp10.000 per bulan, maka saya berikan nilai 1 dari 5.

3. Kecepatan aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi saya beri nilai 2 dari 5.

4. Layanan promo, cashback dan gratis transfer antar bank saya berikan nilai 3 dari 5.

Apilkasi Jenius mendapat nilai total 2,6 dari 5, sehingga Jenius BTPN tidak saya rekomendasikan untuk dipakai sebagai rekening utama bank digital.

4 komentar

  1. Makasi info nya kk,info yg saya cari² soalnya ditawari bikin rek ini

    BalasHapus
  2. sangat membantu

    BalasHapus
  3. Saya sedang proses sign in aplikasi Jenius. Melihat reviewnya di youtube dan google play store, kok jadi ragu ya nerusin. Makasih infonya gan. Anyway, kalau kelemahan2 Jenius bisa diatasi, ini aplikasi yg menurutku menarik

    BalasHapus


EmoticonEmoticon

Terpopuler