22 Februari 2022

Kelebihan dan Kekurangan Neobank Berdasarkan Pengalaman, Cek Reviewnya!

Neobank

Aplikasi Neobank adalah aplikasi bank digital milik Bank Neo Commerce (BNC). Neobank memiliki kelebihan yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan perbankan seperti buka tabungan, deposito, transfer uang dan layanan transaksi pembayaran.

Di tahun 2022 ini Bank BNC berencana meluncurkan produk seperti saham, tabungan emas, asuransi dan berbagai produk wealth management lainnya.

Aplikasi Neobank dapat diinstal di HP android dan iOS. Semua proses buka rekening di BCN dilakukan secara online tanpa perlu ke kantor cabang Bank Neo Commerce. Dulunya Bank BNC bernama Bank Yudha Bank Bank Yudha Bhakti dan kemudian berumah nama jadi BNC setelah diambil alih PT akulaku Silvrr Indonesia.

Neobank saat ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi kalau ingin buka akun tabungan di Neobank sudah aman dan tidak perlu khawatir.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Blu BCA Digital

Neobank sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari pengalaman saya selama memakai Neobank dari tahun 2021 hingga tahun 2022. Neobank telah melakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas layanannya. Namun ada satu kekurangan aplikasi Neobank yang sejak dulu sampai sekarang tidak berubah. Berikut akan diulas lebih lanjut.

Berikut Akan Saya Review Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Neobank Berdasarkan Pengalaman Memakai Neobank.

Kelebihan Neobank

1. Buka Rekening Neobank Online dan Cepat

Kelebihan pertama Neobank yaitu buka akun rekening Neobank bisa online. Sebenarnya ini bukan lagi sebuah kelebihan, sebab semua bank digital sudah full online. Baik buka akun, rekening dan lain sebagai. Namun, saya masih membuat ini sebagai kelebihan karena proses pembuatan akun Neobank termasuk mudah dan cepat. Proses buka akun Neobank hanya hanya beberapa menit dan sudah aktif 1x24 jam.

2. Bunga Tabungan Neobank Tinggi

Kelebihan Neobank berikutnya yaitu bunga tabungan tinggi. Inilah salah satu alasan saya masih memakai Neobank sampai saat ini.

Besar bunga tabungan simpanan Neo Now di Bank BNC sebesar 6% per tahun. Suku bunga tabungan ini termasuk yang tertinggi di kalangan bank digital di Indonesia.

3. Bunga Deposito Neobank Tinggi

Bunga deposito di Neobank juga tinggi. Besar bunga deposito Neobank yaitu 6,5% hingga 8% per tahun.

Bunga deposito jangka waktu 7 hari sebesar 6,5% per tahun. Jangka waktu 3 bulan bunganya sebesar 7,5% per tahun. Deposito jangka waktu 6 bulan sebesar 7,75% per tahun.

Bunga deposito terbesar di Neobank yaitu janka waktu 1 tahun sebesar 8%.

Nominal buka deposito di Neobank juga murah yaitu mulai dari Rp200 ribu saja.

4. Bebas Biaya Admin Bulanan

Kelebihan Neobank selanjutnya yaitu gratis biaya admin bulanan. Ini merupakan kelebihan yang paling dicari nasabah saat buka rekening bank. Sebab berdasarkan pengalaman, uang 500 ribu di tabungan bisa habis untuk menutupi biaya admin bulanan.

Nah, di Bank BNC nasabah dibebaskan dari biaya admin bulanan, sehingga uang di tabungan tidak akan pernah berkurang sepeser pun.

5. Gratis Transfer Uang Sepuasnya ke Bank Lain

Kelebihan Neobank yang paling memuaskan yaitu gratis transfer uang ke bank mana saja tanpa ada batasan. Nasabah bisa ngirim uang gratis kapan saja dan berapa kali pun bebas tanpa ada biaya.

6. Bisa Transfer Uang Gratis dari 1 Bank ke Bank Lain


Neobank memiliki fitur Neo Send yang berfungsi untuk mengirim uang dari 1 bank ke bank lain secara gratis.

Contoh, kamu ingin mengirim uang dari Bank BCA ke Bank BRI dari Neobank secara gratis. Kamu cukup membuka menu Neo Send kemudian memasukkan nomor rekening BRI yang ingin dikirim uang.

Selanjutnya Neobank akan mengeluarkan instruksi pembayaran yang nantinya akan dikirimkan melalui transfer virtual account dari Bank BCA.

7. Neobank Menawarkan Bergabai Promo dan Cashbank Tiap Bulan

Neobank selalu memberikan berbagai promo dan cashback ke nasabah tiap bulan. Promo dan cashback ini biasaya selalu ditunggu-tunggu nasabah tiap bulan untuk mendapatkan uang tunai.

8. Gratis Transfer Uang ke Neobank

Kelebihan Neobank berikutnya yaitu gratis trasfer uang ke Neobank. Nasabah yang ingin menabung atau menyimpan uang ke rekening Neobank gratis saat transfer dari bank lain. Jadi nasabah tidak perlu khawatir kena biaya saat menyimpan uang ke rekening Neobank.

9. Memiliki Fitur Game Berhadiah Voucher dan Uang Tunai

Neobank memiliki fitur game yang bisa dimainkan oleh nasabah. Nantinya nasabah akan mendapatkan berbagai voucher dan juga uang tunai. Game ini bisa dimainkan tiap hari saat login ke akun rekening.

10. Neobank Memiliki Menu Jurnal Pengeluaran Bulanan

Aplikasi Neobank ada menu noe Jurnal yang berfungsi untuk merekam catatan pengeluaran dan pemasukan bulanan. Jadi kita bisa mengetahui berapa pengeluaran kita tiap bulan dan berapa pemasukan tiap bulan.

11. Gratis Bayar Tagihan dan Top-up E-wallet

Bank Neo Commerce

Neobank bisa digunakan untuk membayar berbagai tagihan, beli paket dan top-up E-Wallet seperti Linkaja, Gopay, OVO dan lainnya.

Misalnya beli token listrik. Nasabah tidak akan dikenakan biaya admin. Di Neobank bisa juga untuk beli voucher game,  bayar PDAM, Internet dan TV kabel, BPJS dan lainnya.

12. Memiliki Fitur Chat

Neobank memiliki fitur ruang obrolan bagi nasabah. Nasabah bisa menambahkan teman ke dalam ruang obrolan untuk saling bertukar informasi dan chating. Di ruang obrolan ini nasabah bisa transfer uang dan langsung kirim bukti transfer dengan cepat.

 Baca Juga: Cara Mendapatkan Passive Income dari Saham

Kekurangan Neobank

Pengalaman selama memakai aplikasi Neobank. Berikut kekurangan Neobank berdasarkan pengalaman:

1. Tidak Memiliki Kartu ATM

Kekurangan Neobank yaitu tidak memiliki kartu ATM, sehingga sudah untuk melakukan tarik tunai. Saat ingin mengambil uang, maka kita wajib mentransfer terlebih dahulu ke rekening kita di bank lain.

Jadi dapat disimpulkan kalau buka rekening di Neobank wajib mengandalkan akun rekening di bank lain saat ingin tarik tunai. Hal ini juga sangat berbahaya saat ponsel kita tidak ada jaringan internet, sehingga kita tidak bisa transaksi.

2. Tidak Ada Fitur Pinjaman Online

Neobank belum memiliki fitur pinjaman online. Namun berdasarkan paparan dari manajemen Bank BNC, Neobank berencana akan meluncurkan produk pinjaman online di tahun 2022. Saat ini fitur pinjaman online masih bekerjasama dengan Akulaku.

3. Tidak Memiliki Rekening Valas

Neobank belum memiliki jenis rekening valas atau jenis mata uang asing. Hal ini mungkin terkendala karena Bank BNC masih berstatus bank BUKU II.

Kesimpulan Review Aplikasi Neobank

Aplikasi Neobank memang memiliki kelebihan dari beberapa sisi seperti gratis transfer uang, gratis biaya admin, gratis beli token dan lainnya, gratis transfer uang dari 1 bank ke bank lain serta memiliki menu jurnal untuk mengetahui pengeluaran. Neobank juga memberikan bunga tabungan dan deposito tinggi dibanding bank digital lain.

 Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Jenius BTPN Berdasarkan Pengalaman Selama 3 Tahun

Neobank juga memiliki kekurangan seperti tidak memiliki kartu ATM. Bagi nasabah kartu ATM ini sangat penting untuk tarik tunai.

Baca Juga: 10 Aplikasi Saham Terbaik OJK: Resmi dan Aman Bagi Pemula

Namun secara keseluruhan aplikasi Neobank sangat bangus untuk digunakan. Layanannya sangat memuaskan untuk keperluan transaksi perbankan. Aplikasinya juga sangat cepat dan tidak lelet.

0 comments

Posting Komentar

Terpopuler