02 Oktober 2021

Kelebihan dan Kekurangan Blu BCA Digital, Cek Review Berikut!

blu bank digital

Aplikasi blu by BCA Digital adalah sebuah aplikasi bank digital yang dioperasikan lewat sistem android dan iOS. Aplikasi blu merupakan milik Bank Digital BCA anak perusahaan Bank BCA Tbk.

Kelebihan blu BCA Digital

1. Gratis biaya admin bulanan

Bank digital senantiasa memberikan kemudahan bagi nasabahnya. Misalnya gratis biaya admin bulanan. Nasabah biaya mengeluh dengan biaya admin bank. Tentu saja mengeluh karena uang yang ada ditabungan bisa habis begitu saja terpotong oleh biaya admin.

Nah, bank digital blu memberikan layanan gratis biaya bulanan. Jadi kamu tidak perlu cemas uang kamu habis digerogoti biaya admin. Blu BCA Digital memberikan gratis layanan seperti:

  • Gratis biaya buka rekeneing dan penutupan rekening
  • Gratis biaya administrasi bulanan
  • Tidak ada setoran awal saat buka rekening.
  • Gratis biaya dorman (tidak ada transaksi selama 6 bulan ke atas)

Nah inilah yang membedakan bank digital dengan bank umum. Bank digital seperti blu memberikan banyak keuntungan dan kemudahan.

2. Gratis biaya transfer ke bank lain dan top up e-wellet

Gratis biaya transfer ke bank lain dan top up e-wellet dibatasi sampai 20 kali tiap bulan. Lewat 20 kali akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp 6.500. Fasilitas gratis transfer ini juga dibatasi hanya dalam 2 bulan. Namun fasilitas gratis transfer ini tetap bisa dinikmati dengan syarat rata-rata saldo di tabungan harus minimal 1 juta.

Apabila di bulan ke 3, rata-rata saldo tabungan tidak mencapai 1 juta maka transfer ke bank lain akan kena biaya. Jadi, pastikan saldo kamu tetap ada 1 juta ya, agar dapat fasilitas transfer gratis ke bank lain.

3. Buka rekening bisa online dari hp

Buka rekening di blu BCA Digital sangat mudah, kamu cukup buka aplikasi lalu mengisi data-data yang diperlukan seperti KTP. Setelah selesai mengisi data, kamu cukup menghubungi call center blu BCA Digital lewat video-call untuk melakukan proses verifikasi lewat video call.

Beda banget kan kalau buka rekening di bank. Kamu harus datang ke kantor, kemudian antri, setelah itu dilayani sama CS untuk buka rekening. Mengisi ini dan itu. Waktu yang dibutuhkan bisa berjam-jam lamanya. Belum lagi ongkos buat ke kantor cabang bank.

Namun ada kendala buat yang ingin buka akun blu BCA Digital. Kamu harus memiliki ponsel yang android minimal 6 ke atas. Android di bawah 6 tidak bisa download aplikasi blu.

4. Blu memberikan suku bunga tabungan dan deposito tinggi

Suku bunga tabungan di blu mencapai 3% per tahun. Bunga deposito sebesar 4% per tahun. Menarik bukan? Coba cek berapa bunga tabungan rekening kamu sekerang? Bunga tabungan di bank umum biasaya sangat kecil yaitu 0,12% - 1% per tahun.

Baca Juga: Deposito Blu BCA Digital, Bunga Tinggi dan Menguntungkan

Blu by BCA Digital memiliki tabungan dengan nama bluSaving dengan bunga 3% per tahun. Bunga akan dibayar setiap bulan ke rekening. Blu BCA Digital juga menyediakan simpanan deposito dengan tenor 1 bulan hingga 12 bulan. Pembayaran bunga tiap bulan langsung masuk rekening tabungan.

5. Blu menyediakan fasilitas pembayaran tagihan dan QR Code

Di Aplikasi blu, kamu bisa membayar semua tagihan tanpa harus mengeluarkan biaya admin. Selain itu, kamu juga bisa bayar belanjaan pakai QR Code. Caranya gampang, kamu cukup scan QR Code di toko tempat kamu berbelanja. Beres deh, jadi kamu tidak perlu lagi repot-repot membawa uang tunai.

6. Blu menyediakan pos keuangan dengan nama ‘Kantong’

Di aplikasi blu kamu bisa mengatur keuangan kamu ke dalam beberapa pos. Misalnya pos pengeluaran biaya bulanan, biaya jalan-jalan, uang darurat, uang naik haji dan lain-lain. Nah, pos keuangan ini bisa kamu buat di menu kantong di aplikasi blu. Jadi kamu bisa memonitor seluruh pos keuangan kamu. Menarik bukan.

7. Rekening bersama atau patungan

Blu BCA Digitall menyediakan fitur dengan nama bluGether. Fitur ini gunanya jadi tabungan bersama. Menariknya, menabung di bluGether juga dapat bunga sebesar 3% per tahun. Bagi yang ingin arisan bisa memanfaatkan fitu ini. Jadi keuangannya bisa dimonitor/dicek masing-masing anggota. Di bluGether bisa sampai diisi 24 anggota. Bagi keluarga juga bisa memanfaatkan ini. Jadi pasangan suami istri bisa saling mengecek keuangan masing-masing. Nah, jadi tidak bisa bohong lagi kalau uangnya gak ada. Upss…

8. Blu terkoneksi ke seluruh fasilitas ATM BCA

Blu menyediakan fitur tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank BCA. Kamu cukup scan QR Code yang ada di ATM BCA.

 

Kekurangan Blu BCA Digital

Kekurangan aplikasi blu BCA Digital yaitu:

1. Ponsel yang bisa dipakai wajib android 6 ke atas

2. Rekening untuk mata uang asing / valas tidak tersedia.

3. Menu investasi tidak ada seperti reksadana dan obligasi.

4. Fasilitas kartu kredit dan pinjaman online belum tersedia

5. Tidak memiliki ATM, sehingga wajib menarik uang dari ATM BCA tanpa kartu. Apabila ATM BCA di sekitar kamu tidak punya tarik tunai tanpa kartu, maka kamu tidak bisa tarik tunai.

6. Tidak bisa tarik tunai dari ATM bersama/ ATM lain.

7. Proses verifikasi buka akun lama, bisa sampai berhari-hari. Alasan yang saya terima karena antrian cukup banyak. Saya butuh verifikasi akun hingga 1 minggu lebih.

Baca Juga: Keuntungan Membeli Saham BCA

Cara Membuka Akun Blu BCA Digital

Berikut langkah-langkah membuka akun rekening di blu BCA Digital

1. Download aplikasi blu by BCA Digital di play store

2. Buka aplikasi blu untuk mendaftar

Kamu akan diminta memasukkan nomor ponsel. Setelah itu blu akan mengirimkan kode OTP. Masukkan kode OTP untuk verifikasi.

3. Siapkan data-data dan persyaratan seperti E-KTP

bank bca digital

Ambil gambar E-KTP kamu, pastikan gambarnya terang dan data terbaca jelas.

4. Isi data pribadi

Isi data pribadi kamu seperti no KTP, nama, tempat lahir, tanggal lahir hingga alamat lengkap. Isikan semua data yang diminta dengan benar.

5. Ambil foto selfie dari aplikasi blu

Pastikan foto selfie kamu jelas, kamu akan diminta untuk melepas kaca mata, masker dan topi. Setelah selesai tekan oke.

6. Hubungkan dengan rekening Bank BCA

bank bca digital

Apabila kamu nasabah Bank BCA, kamu bisa menghubungkan rekening kamu. Jika tidak cukup lewati saja.

Bagi nasabah BCA wajib verifikasi saat menghubungkan ke rekening Bank BCA. Caranya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor kartu ATM dan memilih nomor ponsel yang terdaftar. Kemudian tekan lanjut.

7. Isi alamat domisili

Alamat domisili wajib disi apabila alamat kamu tinggal tidak sama dengan di KTP. Apabila alamat domisili sama dengan KTP cukup pilih alamat sama.

8. Isi data pekerjaan

Isi data pekerjaan dengan lengkap, data ini wajib diisi. Bagi yang belum kerja, kamu bisa memilih wirausaha dan isikan data-data dengan lengkap. Kemudian tekan lanjut

9. Klik tombol syarat dan ketentuan

Pada tahap ini kamu akan disuruh membaca syarat dan ketentua. Setelah itu pilih tombol setuju. Selesai deh, kamu tinggal melakukan video call untuk verifikasi.

10. Hubungi CS lewat video call

cs bank bca digital

Pada tahap akhir ini kamu harus menyediakan E-KTP. Karena CS Blu BCA Digital akan meminta kamu memperlihatkan E-KTP untuk mereka verifikasi. CS Blu BCA Digital hanya bisa video call dari pukul 06 – 22:00 WIB. Nah dalam proses ini bisa lama, saya bahkan mencoba hingga 1 minggu. Alasan yang saya terima saat konfirmasi lewat metsos BCA Digital, mereka mengatakan antrian banyak sehingga tidak bisa langsung diverifikasi.

11. Rekening Berhasil Dibuka

Setelah menunggu sekitar 1 jam setelah selesai video call dengan CS rekening BCA Digital kamu akan berhasil dibuka. Selamat rekening kamu berhasil dibuka.

Baca Juga: Cara Nelpon Gratis Call Centre BCA 1500888

Bank Digital BCA

Blu Bank Digital BCA adalah salah satu aplikasi bank digital yang ada di Indonesia saat ini. Aplikasi Blu hadir untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk terhubung dengan fasilitas perbankan.

Demikianlah informasi Blu by BCA Digital, sobat Bank Digital News semoga informasi ini bermanfaat, salam sehat dan sukses selalu.

4 komentar

  1. Bisa icoba ketika proses verifikasi via CS di konek lalu putuskan, lakukan secara berulang sampai nanti terhubung nada sambung nyanyian khas BCA,baru ditunggu. It works bgt, saya ga harus nunggu sampe berhari2, hanya hitungan menit saja👍🏻 semoga membantu..

    BalasHapus
  2. Sudah coba.. dan memang keren.. yang bikin greget Blu Savingnya... Yakin aman deh kalo BCA..

    BalasHapus
  3. Sekarang sudah tidak ada Video Call lagi, lebih cepat

    BalasHapus
  4. Benar sekali proses cepat sekali, ketika cs video call pastikan rapih dan pencahayaan mendukung hanya dalam hitungan menit selesai. Semoga banyak benefit yg bisa di dapat

    BalasHapus


EmoticonEmoticon

Terpopuler