05 Oktober 2021

Perbedaan Bank Digital dengan Bank Konvensional

kelebihan bank digital

Perbedaan bank digital dengan bank konvensional – sangat banyak. Perbedaan yang paling mencolok atau terlihat jelas adalah saat buka rekening. Bank digital buka rekening bisa online. Bank Konvensional wajib datang ke kantor bank dan nulis data pakai pulpen atau manual.

Perbedaan lain antara bank digital dengan bank konvensional masih banyak. Berikut akan disebutkan satu per satu perbedaan antara bank digital dan konvensional.

Perbedaan Bank Digital dengan Bank Konvensional

1. Bank digital buka tabungan bisa online sedangkan bank konvensional harus ke kantor bank

Buka akun tabungan di bank digital bisa dilakukan secara online lewat ponsel. Nasabah cukup men-download aplikasi bank digital dari android atau iOS tanpa harus datang ke kantor bank.

Berbeda dengan bank konvensional, kamu wajib datang ke kantor cabang terdekat untuk buka rekening. Kamu juga harus mengeluarkan ongkos untuk pergi ke kantor bank. Apabila di sekitar rumah kamu tidak ada, bisa jadi ongkos yang kamu keluarkan lebih mahal.

2. Bank digital lebih cepat dan mudah dibanding bank konvensional

Bank digital memberikan kemudahan dan kecepatan bagi nasabah. Buka tabungan di bank digital sangat cepat dan mudah. Saat kamu ingin buka tabungan , kamu cukup membuka aplikasi bank digital kemudian melakukan pengisian data dan menyiapkan KTP untuk foto selfi.

Lihat Juga: Daftar Bank Digital Di Indonesia

Berbeda dengan bank konvensional, kamu harus antri untuk buka tabungan. Terkadang antri bisa berjam-jam apabila banyak nasabah yang dilayani. Kemudian kamu wajib menulis beberapa formulir sebagai persyaratan buka tabungan.

3. Bank digital lebih praktis dibanding bank konvensional

Bank digital sangat praktis digunakan dan tidak bikin ribet. Setiap ingin bertransaksi, kamu cukup duduk manis dan buka aplikasi dari ponsel. Mau bayar listrik, asuransi, tagihan kartu kredit, beli pulsa, kuota maupun transfer uang semua tersedia di aplikasi bank digital. Sementara bank konvensional tidak semua fasilitas pembayaran tersedia. Hanya beberapa yang tersedia.

4. Bank digital gratis biaya administrasi bulanan sedangkan bank konvensional bayar

Gratis biaya administrasi bulanan. Inilah yang paling disukai semua orang saat buka rekening di bank digital. Ya, siapa yang tidak senang apabila tiap bulan uang di tabungan tidak kena potong untuk biaya adminstrasi dan biaya lainnya.

Sedangkan bank konvensional tiap bulan uang kita dipotong untuk biaya adminstrasi. Biaya adminstrasi rata-rata Rp 10.000 – Rp 15.000 per bulan. Bahkan ada yang lebih. Maka, tidak heran kalau uang 1 juta ditabungan lama-lama bisa habis dengan sendirinya. Karena tiap bulan dipotong biaya administrasi. Sementara bunga tabungan yang didapat sangat kecil.  

5. Bank digital tidak ada saldo minimal sedangkan bank konvensional ada

Buka tabungan bank digital bisa dimulai dengan saldo Rp 0 rupiah. Bandingkan dengan bank konvensional yang mewajibkan harus ada saldo minimal sebesar Rp 50 ribu – Rp 100 ribu rupiah. Saldo ini wajib mengendap dan tidak bisa diambil. Kadang buat kesal saat kita benar-benar butuh uang tapi tidak bisa diambil.

6. Bunga tabungan bank digital lebih besar dibanding bank konvensional

Bunga tabungan di bank digital rata-rata 2% - 3% per tahun. Sementara bank konvensional hanya 0-1% per tahun. Sangat rendah sekali bila dibandingkan bank digital. Maka, tidak heran apabila bunga tabungan kadang tidak bisa menutupi biaya adminstrasi bulanan.

Lihat Juga: Cek Bunga Deposito Line Bank

Rangkuman Perbedan Bank Digital dengan Bank Konvensional

Bank Digital

Bank Konvensional

Buka rekening bisa online dari HP.

Buka rekening harus ke kantor cabang bank.

Buka rekening mudah dan cepat hanya 5-10 menit.

Buka rekening lama, bisa berjam-jam di bank.

Isi data lewat online, jadi tidak perlu kertas.

Mengisi data rekening harus pakai kertas dan banyak data yang harus diisi.

Gratis biaya admin bulanan

Harus bayar admin bulanan

Setoran awal 0 rupiah

Harus ada setoran awal

Gratis transfer ke bank lain

Tansfer ke bank lain harus bayar

Bisa buka tabungan dengan berbagai jenis mata uang

1 tabungan hanya untuk 1 mata uang.

Bunga tabungan tinggi

Bunga tabungan sangat rendah

Kelebihan Bank Digital

Dari Perbedaan Bank Digital dengan Bank Konvensional di atas dapat kita simpulkan bahwa bank digital lebih unggul.  Bank digital memiliki banyak kelebihan dibanding bank konvensional. Mulai dari buka rekening, bebas biaya adminstrasi, gratis transfer ke bank lain hingga bunga tabungan yang lebih tinggi.

Saat ini bank digital sedang lagi tren sehingga banyak bank umum/konvensional berlomba-lomba membuka bisnis bank digital. Maka tidak heran jika bank digital mulai melakukan aksi “bakar duit” untuk mencari nasabah baru. Aksi “bakar duit” seperti melakukan promo besar-besaran dan memberikan cashback berupa uang tunai bagi nasabah baru. Bagi sobat Bank Digital News Apakah tertarik untuk buka rekening tabungan di bank digital?

0 comments

Posting Komentar

Terpopuler