20 Januari 2022

Pengertian dan Perbedaan Kartu Debit & Kredit

Pengertian Kredit

Kartu debit dan kredit adalah jenis kartu yang disediakan oleh bank bagi nasabah. Dua jenis kartu ini diberikan untuk memudahkan nasabah bertransaksi. Namun kartu kredit dan debit memiliki fungsi dan fitur yang berbeda satu sama lain.

Dalam istilah perbankan, sebagian orang tidak tahu perbedaan kedua jenis kartu tersebut yaitu perbedaan debit kredit. Beberapa orang salah mengartikan kartu kredit dan debit. Berikut akan dibahas perbedaan debit dan kredit dalam perbankan.

Pengertian Kartu Kredit dan Debit

Pengertian Kredit

Kredit atau kartu kredit adalah jenis kartu pembayaran untuk berbagai transaksi dengan jumlah lemit kredit tertentu. Pihak bank akan memberikan sejumlah pinjaman uang ke nasabah dalam bentuk kartu kredit.

Baca Juga: 10 Cara Jualan Online agar Laris dan Untung

Contoh Bank BRI memberikan kartu kredit pada Budi dengan jumlah maksimal pinjaman sebesar Rp5 juta. Nah, Budi bisa memakai uang tersebut untuk membayar tagihan belanja dan kebutuhan lainnya sampai maksimal Rp5 juta.

Pinjaman tersebut biasanya akan ditagih oleh bank setelah 1 bulan kemudian. Apabila Budi telat melakukan pembayaran tagihan kartu kredit, maka akan dikenakan bunga.

Namun, apabila Rudi membayar dengan tepat waktu, maka tidak akan dikenakan bunga pinjaman.

Setiap orang biasanya akan berbeda-beda jumlah maksimal pinjaman yang diberikan bank. Pemberikan limit kartu kredit pada nasabah biasanya ditentukan dari besaran gaji / penghasilan dan cicilan nasabah.

Nasabah yang memiliki penghasilan besar tiap bulan, maka akan mendapatkan limit kartu kredit yang besar pula.

Limit kartu kredit juga bisa naik apabila nasabah memiliki riwayat transaksi pembayaran tepat waktu. Artinya nasabah tidak pernah menunggak pembayaran kartu kredit.

Pengertian Debit

Debit atau kartu debit adalah jenis kartu ATM yang diberikan bank ke pada nasabah sebagai fasilitas pelengkap tabungan. Nasabah yang membuka rekening tabungan di bank biasanya akan diberikan kartu debit.

Kartu debit diberikan untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Misalnya menarik uang dari ATM. Membayar belanjaan di berbagai toko atau supermarket.

Baca Juga: Cara Memilih Deposito Terbaik dan Bebas Pajak

Penggunaan kartu debit biasanya tergantung dengan jumlah uang yang dimiliki nasabah. Nah, setiap kartu debit juga biasanya memiliki limit transaksi. Tergantung dari jenis kartu debit yang dimiliki. Misalnya kartu debit expresi BCA limit tarik tunai dari ATM maksimal Rp7 juta.

Baik kartu debit dan kartu kredit memiliki bentuk kartu yang sama besar. Kedua kartu ini juga memiliki PIN sebagai pengaman untuk bertransaksi. Jadi setiap kali bertransaksi nasabah akan diminta memasukkan nomor PIN 6 angka.

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Kartu kredit dan debit memiliki perbedaan yaitu:

1. Cara Pembayaran

Pembayaran kartu debit tergantung pada jumlah saldo di tabungan. Sementara pembayaran kartu kredit tergantung pada jumlah limit kredit yang didapat nasabah dari bank.

Pembayaran kartu debit langsung dipotong dari tabungan. Pembayaran kartu kredit diambil dari total pinjaman. Artinya bank yang lebih dulu membayar, baru nanti nasabah membayar pada tanggal jatuh tempo pembayaran kartu kredit.

2. Proses Mendapatkan Kartu

Kartu debit diperoleh saat membuka rekening tabungan di bank. Proses mendapatkan kartu debit pun sangat mudah. Sebab nasabah yang buka tabungan biasanya langsung dapat kartu debit.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Passive Income dari Saham

Sementara kartu kredit bisa didapat setelah mengajukan ke bank. Proses pengajuan dan mendapatkan kartu kredit tidak mudah. Nasabah yang mengajukan kartu kredit harus memenuhi syarat dari bank. Yakni memiliki penghasilan dan tidak punya catatan hitam dari BI. Seperti masih memiliki tunggakan utang. Atau sering telat membayar kredit.

untuk Kartu debit relatif mudah untuk didapat hanya dengan membuka rekening tabungan saja, berbeda dengan kartu kredit yang cukup tidak mudah karena banyak aspek yang harus dipertimbangkan untuk menghindari kerugian pihak bank dari beberapa nasabah yang tak membayar tagihan.

3. Layanan dan Kemudahan

Kartu kredit memberikan layanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Kartu kredit banyak memberikan promo dan diskon pada nasabah. Sementra kartu debit sangat terbatas layanan promo dan diskon yang diberikan.

Kartu kredit juga biasanya memiliki banyak poin setiap kali melakukan transaksi.

Kelebihan dan Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit


Kartu kredit memiliki beberapa kelebihan dan keuntungan dibanding kartu debit. Berikut beberapa kelebihan kartu kredit:

1. Proses pembayaran lebih mudah karena tidak perlu uang tunai.

2. Bisa digunakan untuk kebutuhan darurat, misalnya untuk berobat.

3. Mempermudah melakukan pengecekan pengeluaran tiap bulan.

4. Bisa mendapatkan potongan dan diskon saat membeli barang tertentu, sehingga bisa lebih hemat.

5. Beberapa bank memberikan asuransi perlindungan.

Bank yang Memberikan Kartu Kredit

Di Indonesia tidak semua bank bisa mengeluarkan atau memberikan kartu kredit. Hanya bank tertentu dan sudah mendapat izin dari OJK yang bisa memberikan layanan kartu kredit pada nasabahnya.

Baca Juga: 10 Cara Sukses Berinvestasi

Berikut adalah daftar bank-bank yang menerbtikan kartu kredit di Indonesia:

1. Kartu Kredit BRI.

2. Kartu Kredit BCA.

3. Kartu Kredit Bank Mandiri.

4. Kartu Kredit BNI.

5. Kartu Kredit HSBC.

6. Kartu Kredit Citibank.

7. Kartu Kredit Bank Mega.

8. Kartu Kredit CIMB Niaga.

9. Kartu Kredit Bank Permata.

10. Kartu Kredit Standard Chartered.

11. Kartu Kredit ANZ.

12. Kartu Kredit Maybank.

13. Kartu Kredit UOB Indonesia.

14. Kartu Kredit Bank Panin.

15. Kartu Kredit BTN.

16. Kartu Kredit OCBC NISP.

17. Kartu Kredit Bank Sinarmas.

18. Kartu Kredit Bank Bukopin.

19. Kartu Kredit Bank BJB.

20. Kartu Kredit BNI Syariah.

21. Kartu Kredit Bank Danamon.

22. Kartu Kredit Bank BNP.

23. Kartu Kredit DBS Indonesia (Digibank).

0 comments

Posting Komentar

Terpopuler