31 Januari 2022

Deposito Blu, Jenius, Line Bank, Jago dan OCBC, Cek Bunga Deposito Tertinggi!


Deposito adalah sebuah investasi tabungan berjangka yang disediakan oleh bank dan memberikan hasil bunga lebih tinggi dibanding tabungan biasa. Poin penting dari deposito adalah bunganya lebih besar dibanding dengan bunga tabungan.

Deposito karena memberikan bunga lebih besar dibanding tabungan, itulah kenapa deposito masuk kategori investasi seperti investasi saham, obligasi, reksadana, forex, emas dan properti.

Deposito adalah investasi paling gampang tanpa mikir. Cukup simpan uang di bank, maka tiap bulan dapat bunga-berbunga. Gampang kan! Makanya banyak masyarakat memilih deposito sebagai investasi dibanding jenis investasi lainnya.

Investasi deposito juga paling aman dan minim resiko. Kenapa? Karena deposito itu aman dan terpercaya. Sebab, deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Namun meskipun dijamin oleh LPS, tetapi ada syaratnya yaitu harus mengikuti ketentuan dari LPS. Misalnya bunga deposito yang diberikan oleh bank tidak lebih dari yang ditetapkan oleh LPS.

Baca Juga: Cara Memilih Deposito Terbaik dan Bebas Pajak

Masing-masing bank biasanya memberikan bunga deposito tertinggi yang berbeda-beda. Sebagian bahkan memberikan bunga deposito di atas tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate). 

Saat ini suku bunga acuan BI sebesar 3,5%, sehingga ada bank yang memberikan di atas 3,5%.

Berikut ini daftar suku bunga acuan BI atau BI 7-day (Reverse) Repo Rate.

Periode

BI 7-day

20 Januari 2022

3,50%

16 Desember 2021

3,50%

18 November 2021

3,50%

19 Oktober 2021

3,50%

21 September 2021

3,50%

19 Agustus 2021

3,50%

22 Juli 2021

3,50%

17 Juni 2021

3,50%


Berikut bunga deposito tertinggi di Blu, Jenius, Line Bank, Jago dan OCBC:

1. Bunga Deposito Blu

Blu memberikan bunga deposito tinggi pada nasabah. Bunga deposito blu BCA Digital sebesar 3,75% - 4%  per tahun. Besar bunga deposito Blu ini per Januari 2022.

Blu adalah aplikasi bank digital milik Bank BCA Digital. Di aplikasi blu kita bisa membuka deposito kapan saja, sebab karena bukanya lewat aplikasi secara online.

Membuka deposito di blu sangat murah, minimal Rp 1 juta rupiah. Berbeda dengan bank digital lain yang minimlanya mulai dari Rp 5 juta – Rp 10 juta. Berikut kelebihan deposito blu BCA Digital.

1.    Buka deposito blu cukup murah minimal 1 juta rupiah.

2.    Bisa diambil kapan saja tanpa ada pinalti. Namun, nasabah tidak akan mendapatkan bunga apabila diambil sebelum jatuh tempo.

3.    Suku bunga deposito blu termasuk tinggi dibanding yang lain.

4.    Lama simpanan deposito mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

5.    Bisa top-up saldo deposito sempai H+6 dari tanggal buka blu deposito.

2. Bunga Deposito Jenius

Bunga Deposito Jenius terbaru sebesar 4% per tahun. Maxi saver Jenius atau deposito Jenius dapat ditarik sebelum masa jatuh tempo simpanan.

Misalnya hari ini kamu buka deposito Jenius, beberapa hari ke depan uangnya sudah bisa ditarik lagi. Namun kamu tidak akan dapat bunga apabila menarik deposito sebelum sampai tanggal jatuh tempo.

Baca Juga: Bunga Deposito Bank BRI, BNI, BTN dan Mandiri, Cek Bunga Tertinggi!

Deposito Jenius hanya menyediakan lama simpanan 1 bulan hingga 12 bulan atau 1 tahun. Apabila nasabah ingin lebih lama lagi, bisa langsung memperpanjang secara otomatis. Nasabah bisa memperpanjang pokok saja, atau memperpanjang bunga dan pokok. Jumlah maksimal simpanan deposito di jenius tidak ada batasan.

Minimal buka deposito Jenius sebesar Rp10 juta. Sementara maksimal jumlah deposito yang ingin disimpan tidak ada batasannya. Kamu bebas meyimpan hingga triliunan rupiah.

Kelemahan buka deposito di Jenius yaitu jumlah minimal deposito awalnya yang cukup besar dibanding deposito di bank digital lainnya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Jenius BTPNdari Pengalaman Selama 3 Tahun

Kelebihan buka deposito Maxi saver Jenius bisa ambil uang deposito kapan saja tanpa ada pinantil. Namun, kita tidak akan dapat bunga.

3. Bunga Deposito Line Bank

Bunga deposito Line Bank sebesar 4,5% per tahun. Suku bunga deposito di Line Bank termasuk besar dibandingkan bunga deposito di bank digital lainnya.

Line Bank salah satu bank digital milik Hana Bank. Di aplikasi Line Bank kini nasabah bisa membuka deposit online. Minimal deposito di Line Bank sebesar Rp1 juta rupiah dan tenor lama simpanan mulai dari 1 bulan hingga 1 tahun.

Deposito di Line Bank tidak ada sistem pinalti atau denda. Jadi nasabah bisa menarik deposito miliknya sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Nasabah tidak perlu menunggu hingga tanggal jatuh tempo.

4. Bunga Deposito OCBC NISP

Bunga Deposito OCBC NISP mulai dari 2,00% sampai 3,25% per tahun. Besar bunga deposito yang diterima nasabah di ONE Mobile akan disesuaikan dengan jumlah uang dan lama simpanan.

Minimal deposito OCBC NISP sebesar Rp1 juta. Lama simpanan minimal 14 hari. Berikut besar suku bunga di OCBC NISP:

1. Bunga deposito tenor 14 hari sebesar 2%.

2. Bunga deposito tenor 1 bulan sampai 3 bulan sebesar 3%.

3. Bunga deposito tenor 6 bulan sebesar 3,10%.

4. Bunga deposito tenor 1 tahun atau 12 bulan sebesar 3,25%.

Kelemahan deposito OCBC NISP tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu. Apabila dicairkan akan dikenakan pinalti. Bunga deposito OCBC NISP juga tergolong kecil dibanding bunga deposito bank digital lainnya.

5. Bunga Deposito Bank Jago

Bunga Deposito Jago per Januari 2022 sebesar 4% per tahun. Deposito Bank Jago disebut juga kantong terkunci. Jangka waktu Kantong terkunci atau deposito Bank Jago minimal 14 hari. Sementara untuk jangka waktu bisa diatur sendiri berama lama. Misalnya 15 hari, 20 hari, 1 bulan, 2 bulan hingga maksimal 6 bulan.

Baca Juga: 10 Cara Sukses Berinvestasi

Jangka waktu deposito di Jago bisa kita atur dengan suka-suka sesuai yang kita butuhkan. Misalnya kita butuh uangnya 25 hari lagi. Maka kita cukup mengatur lama simpanan deposito selama 25 hari.

Kesimpulan

Bunga deposito tertinggi yaitu Line Bank sebesar 4,5% per tahun. Sementara bunga deposito terendah adalah OCBC NISP sebesar 2% per tahun. Sementara bunga deposito Blu, Jenius dan Bank Jago sebesar 4% per tahun.

Buka deposito di Blu, Jenius, Bank Jago dan Line Bank juga tidak dikenakan pinalti apabila diambil sebelum jatuh tempo. Hanya deposito OCBC NISP yang mengenakan pinalti.

Buka Deposito Jenius paling mahal dibanding yang lian. Minimal deposito Jenius Rp10 juta. Buka deposito paling murah adalah Bank Jago. Sementara Blu, Line, dan OCBC minimal buka deposito 1 juta rupiah.

Cara Menghitung Bunga Deposito Blu, Jenius, Jago dan lainnya

Setelah kita tahu besar bunga deposito di bank digital, maka kita bisa menghitung berapa keuntungan yang akan kita terima. Berikut cara menghitungnya:

(Suku Bunga Deposito x Jumlah Deposito x 80%)

Catatan, angka 80% didapat dari pemotongan pajak deposito. Sebab pajak deposito di Indonesia dikenakan pajak sebesar 20% jadi (100%-20%=80%).

Baca Juga: 5 Aplikasi Trading Saham Terbaik Resmi Terdaftar di OJK

Contoh Bunga Deposito 100 juta di Bank Blu

(Suku Bunga Deposito x Jumlah Deposito x 80%)
(4% × Rp100.000.000 × 80%) = Rp3.200.000, per tahun atau Rp266.600 per bulan.

0 comments

Posting Komentar

Terpopuler